Senin, 01 Oktober 2012

Interface Dalam IMK


Salah satu kriteria dari sebuah antar muka adalah menarik. Seorang pengguna baru, biasanya tertarik untuk mencoba sebuah program aplikasi dengan terlebih dahulu tertarik pada suatu tampilan yang ada di hadapan mereka. Untuk membuat tampilan yang menarik emmang tidak mudah karena dalam merancang tampilan, seorang perancang harus mempunyai jiwa seni dan mengerti selera pengguna pada umumnya. 


Bagi perancang tampilan interface, dokumentasi setiap pekerjaan yang dilakukan sangatlah penting. Karena dengan bantuan dokumentasi, perancang dapat dengan mudah mengubah rancangan yang perlu disesuaikan. Dokumentasi rancangan dapat dilakukan dengan  cara :
  • Membuat sketsa pada kertas
  • Menggunakan prototype GUI
  • Menuliskan tekstual yang menjelaskan kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lainnya
  • Menggunakan piranti baru yang disebut dengan CASE (Computer Aided Software Engineering)
NB : Cara ke 2 dan ke 4 tidak dapat selalu diterapkan karena piranti tersebut harganya cukup mahal sehingga hanya diterapkan pada pembuatan interface grafik untuk pekerjaan yang besar.

Interface pengguna secara alamiah terbagi menjadi 4 kelompok :
1. Model Pengguna
Model pengguna merupakan dasar dari tiga komponen lainnya.  Model pengguna merupakan model konseptual yang diinginkan oleh pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi tersebut.Setelah pengguna mengetahui dan memahami model yang ia inginkan, dia memerlukan peranti untuk memanipulasi model itu. 

2. Bahasa Perintah
Piranti pemanipulasian ini sering disebut command prompt yang sekaligus merupakan komponen kedua dari antarmuka pengguna. Idealnya, program komputer kita mempunyai bahasa perintah yang alami, sehingga model pengguna dengan cepat dapat dioperasionalkan.

3.  Umpan Balik
Umpan balik di sini diartikan sebagai kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasian program itu sendiri. Umpan balik dapat berbentuk: pesan-pesan penjelasan, pesan penerimaan perintah, indikasi adanya obyek terpilih, dan penampilan karakter yang diketikkan lewat papan ketik. Beberapa bentuk umpan balik terutama ditujukan kepada pengguna yang belum berpengalaman dalam menjalankan program aplikasi itu. Umpan balik dapat digunakan untuk memberi keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut.

4. Penampilan Informasi
Komponen ini digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan. Pada bagian ini, perancang harus menampilkan pesan-pesan tersebut seefektif mungkin, sehingga mudah dipahami oleh pengguna.

Jenis -  jenis interface :
  • Media Tekstual
Adalah bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
  • Media GUI (Graphical User Interface)
GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.  Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI adalah Linux dengan distro Mandriva menggunakan Desktop Environment KDE, dan juga sistem operasi Windows 7 Ultimate yang menggunakan GUI-nya sendiri.

Gambar : KDE pada Mandriva
  • CLI (Command Line Interface)
CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut. Contoh sistem operasi yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008.

Gambar : CLI pada Ubuntu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar