Sabtu, 15 September 2012

Keterkaitan IMK dengan Disiplin Ilmu Lain

Berikut beberapa ilmu yang terkait dengan IMK :

  1. Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika. Pada bidang ini memberikan kerangka kerja untuk merancang sistem IMK.
  2. Ergonomi. Ilmu yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya : pengaturan lampu, bentuk meja&kursi, lampu tampilan, posisi duduk, dll
  3. Psikologi Kognitif. Salah satu cabang ilmu psikologi yang memperhatikan secara kognitif perilaku pengguna dengan memahami sifat, kebiasaan, persepsi, dan ketrampilan motorik pengguna.
  4. Antropologi. Ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari budaya masyarakat tentang cara mereka berkelompok yang masing-masing anggotanya memberikan konstribusi sesuai dengan keahlian di bidangnya.
  5. Perancangan Grafis dan Tipologi. Sebuah gambar dapat digunakan sebagai sarana interaksi antara manusia dengan komputer. 
  6. Linguistik. Untuk melakukan interaksi membutuhkan sarana komunikasi berupa bahasa yang memadai misalnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, dll.
  7. Sosiologi. Mempelajari tentang perilaku masyarakat dan perilaku manusia sosial yang telah disusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah.
  8. Filsafat. Studi tentang masalah umum dan mendasar dan dapat berperan untuk memberikan landasan filosofis dalam memahami konsep penerapan IMK.
  9. Sosial dan Psikologi Organisasi. Yaitu ilmu yang memeriksa masalah organisasi dari berbagai konteks mulai dari individu, kelompok, sampai tingkatan organisasi. Dengan cara ini IMK juga dapat bersaing di dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa IMK diharapkan dapat bersifat akrab dan ramah dengan pengguna nya. Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pemahaman ilmu yang telah disebutkan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar